Monday, September 27

Mau Menjaga Keamanan Pangan? Hindari 9 Kesalahan ini!

keamanan pangan

Halo, Sobat Wilujeng! Mungkin banyak dari kita yang ingin bisa jago masak. Tapi tahu tidak? Ada beberapa hal yang juga tidak kalah penting untuk diperhatikan, loh. Tanpa kita sadari, ada beberapa kesalahan yang sering kali kita lakukan saat sedang memenuhi konsumsi harian. Makanan yang kita konsumsi haruslah kita jaga keamanannya agar tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh. Pada kesempatan kali ini, Wilujenglife telah menguraikan beberapa kesalahan yang perlu kita hindari agar keamanan pangan tetap terjaga. Yuk kita simak!

1. Tidak menggunakan sikat saat mencuci buah

Mencuci buah dengan air dan sabun saja tidak cukup, loh. Untuk buah berkulit keras, sebaiknya gosok permukaannya dengan menggunakan sikat lembut yang sudah disterilkan sehingga kotoran dan bakteri tidak berpindah dari pisau pemotong ke dalam buah saat diiris.

2. Membiarkan makanan terlalu lama dalam suhu ruangan

Bahan makanan yang tidak tahan lama harus secepatnya disimpan di dalam kulkas paling lama 1-2 jam setelah dibeli dari luar. Saat membeli bahan makanan di luar, terkadang tempat yang kita kunjungi memiliki temperatur yang cukup tinggi sehingga bahan makanan harus secepatnya diolah atau dimasukkan ke dalam kulkas. Makanan yang telah dimasak pun sebaiknya tidak dibiarkan dalam suhu ruangan lebih dari 2 jam. Oleh karena itu, makanan yang telah dimasak sebaiknya segera dihabiskan secepatnya ya, Sobat Wilujeng.

keamanan pangan

3. Menyimpan makanan di dalam wadah yang tidak kedap udara

Untuk mencegah timbulnya bakteri dalam makanan yang kamu simpan, sebaiknya simpanlah makanan dalam wadah yang dangkal dan kedap udara. Jika perlu, gunakanlah mesin vakum untuk penyimpanan dalam kemasan plastik agar makanan lebih awet dan tahan lama.

keamanan pangan

4. Tidak memperhatikan jenis alat masak saat mencucinya

Beda jenis alat masak, berbeda juga cara pencuciannya. Kenalilah dengan baik jenis alat masak yang kamu gunakan, seperti alumunium, besi, tembaga, tanah liat, enamel, lapisan antilengket, dan stainless steel. Pastikan bahwa alat masak yang telah dicuci tidak meninggalkan kotoran atau sisa makanan yang sering kali sulit untuk dibersihkan. Gunakanlah air mengalir agar kebersihannya lebih terjamin.

keamanan pangan

5. Membuka kulkas saat listrik padam

Sobat Wilujeng, jika kamu termasuk orang yang sering kali membuka kulkas saat listrik sedang padam, sebaiknya jangan ulangi kembali kesalahan tersebut. Pastikanlah pintu kulkas tetap tertutup rapat selama mungkin saat listrik sedang padam. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), ketika pemadaman listrik, lemari es tertutup akan tetap dingin hingga empat jam. Sedangkan freezer tertutup akan mempertahankan suhunya selama 24 jam jika setengah penuh dan 48 jam jika penuh.

keamanan pangan

6. Mencicipi adonan mentah

Saat membuat adonan makanan, tidak jarang sebagian orang mencicipinya terlebih dahulu untuk memastikan apakah rasanya sudah pas. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), mencicip adonan mentah bisa berisiko membuat Anda sakit akibat infeksi dari kuman berbahaya seperti salmonella dan E. coli. Sebaiknya hal tersebut tidak perlu kamu lakukan. Jika setelah dimasak kamu tidak puas dengan hasilnya, kamu bisa mencoba membuatnya kembali dengan takaran yang lebih sesuai.

keamanan pangan

7. Tidak mengeringkan sponge setelah dipakai

Tidak sedikit orang yang membiarkan sponge mereka basah dan lembab setelah selesai membersihkan peralatan masak. Sponge yang tidak dikeringkan setelah dipakai akan berpotensi menimbulkan penyebaran bakteri. Biasakanlah untuk mengeringkan sponge setelah dipakai dan gantilah sponge jika sudah rusak dan berbau. Hal tersebut juga perlu kita perhatikan agar keamanan pangan dapat tetap terjaga.

keamanan pangan

8. Menaruh makanan panas di dalam kulkas

Pernahkah kamu memasukkan puding atau makanan yang baru dimasak ke dalam kulkas? Sebaiknya, tunggulah beberapa menit hingga makanan tersebut sudah tidak terlalu panas. Memasukkan makanan panas ke dalam kulkas tidak bagus bagi kulkas. Saat ada makanan panas masuk, kulkas akan bekerja lebih keras untuk mendinginkan makanan itu. Jika terus menerus dilakukan, kulkas akan cepat rusak.

keamanan pangan

9. Menyimpan makanan sisa terlalu lama di dalam kulkas

Jika kamu terbiasa menyimpan makanan sisa terlalu lama di dalam kulkas, sebaiknya hindarilah kebiasaan tersebut. Makanan sisa sebaiknya disimpan antara 3 – 4 hari di dalam pendingin dan 3 – 4 bulan di dalam freezer. Ingatlah untuk mengeluarkan makanan yang sudah tidak layak makan dari dalam kulkas.

keamanan pangan
Sumber : safefood.net

Itulah beberapa kesalahan yang perlu kita hindari agar keamanan pangan tetap terjaga. Jadi, perhatikanlah kualitas makananmu ya, Sobat Wilujeng!

Baca juga : Cara Merawat Sepatu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *