Thursday, July 29

8 Kegiatan di Rumah yang Bikin Betah Karantina

kegiatan di rumah

Halo Sobat Wilujeng! Di masa pandemi Covid-19 saat ini, tidak sedikit orang merasa jenuh bahkan stres saat harus menghadapi karantina di rumah. Selain itu, terdapat beberapa kegiatan di rumah yang seharusnya bisa kita optimalkan namun seringkali terhambat karena padatnya aktivitas di luar rumah. Berikut ini telah dirangkum beberapa kegiatan di rumah yang wajib kamu coba lakukan agar karantina tetap produktif dan tidak membosankan. Yuk kita intip!

1. Mendekor Rumah

Dalam situasi pandemi ini, salah satu hal yang dapat kita lakukan adalah mendekor rumah. Mendekor rumah bisa menjadi tugas yang merepotkan. Ketika kita dihadapkan pada sebuah ruangan, mengubah ruangan tersebut menjadi ruangan yang praktis dan juga nyaman adalah sebuah tantangan sulit. Namun jangan khawatir, kami telah merangkum hal-hal apa saja yang harus Sobat Wilujeng perhatikan saat mulai menata ruangan. Yuk simak!

Pastikan Fungsi Ruangan

Sebelum mulai memindahkan barang, coba pikirkan apa fungsi ruangan yang akan kalian tata. Jika kalian memiliki banyak barang, akan sulit menata dan menentukan barang apa saja yang kalian perlukan pada ruangan tersebut. Memastikan fungsi ruangan akan mempermudah kita untuk memilih barang apa saja yang layak berada dalam sebuah ruangan.

Cat Rumah

Hal berikutnya berkaitan dengan warna rumah. Menggunakan warna gelap seperti warna hitam dapat membuat ruangan terasa lebih kecil, karena pada teorinya warna hitam menyerap cahaya, bukan memantulkannya. Pada umumnya, warna cerah seperti hijau muda, biru muda, dan abu-abu terang bisa dikatakan sebagai “warna aman” untuk cat rumah, namun, tidak semua orang merasa cocok dengan warna-warna tersebut.

Tentukan Prioritas Perabotan

Buatlah skala prioritas perabotan yang akan kalian pakai. Saat melakukan dekor rumah, tentu banyak barang yang menunggu untuk ditempatkan. Pastikan kalian menyimpan barang yang memiliki skala prioritas tinggi terlebih dahulu. Jangan sampai barang yang seharusnya wajib di suatu ruangan malah tidak bisa masuk karena ruangan sudah penuh dengan barang-barang lain.

Pertimbangkan Membuat Ruangan Multifungsi

Ruangan multifungsi yang paling umum kita lihat adalah menggabungkan dapur dan ruang makan, atau menggabungkan ruang tamu dengan ruang keluarga. Jika kalian memiliki perpustakaan mungkin kalian bisa menggabungkan perpustakaan dengan ruang tamu, gunakanlah kreativitas kalian.

Pertimbangkan Menggunakan Perabotan Multifungsi

Hal-hal multifungsi sangat berguna, terlebih jika kita memiliki ruang yang terbatas. Dalam ruang yang relatif sempit kita tidak bisa menempatkan terlalu banyak furnitur di dalamnya, maka, pertimbangkanlah memiliki perabotan multifungsi.

Manfaatkan Ruang Kosong

Hampir setiap rumah memiliki ruang kosong, contohnya bagian bawah tangga. Ruang kosong tersebut dapat kalian manfaatkan loh, menjadi rak sepatu, atau menjadi tempat penyimpanan barang.

Kurangi Penggunaan Furnitur Kecil

Beberapa ahli menyarankan kita untuk tidak menggunakan furnitur kecil. Furnitur kecil dikatakan membuat ruangan menjadi lebih sempit. Pilihlah furnitur yang lebih besar agar membuat ruangan Anda terlihat lebih luas dan memiliki banyak ruang gerak.

Atur Pencahayaan dengan Baik

Pencahayaan termasuk salah satu hal yang penting untuk menjaga kenyamanan rumah Anda. Utamakan pencahayaan natural, seperti jendela. Optimalkanlah pencahayaan ruangan berdasarkan kebutuhan kalian.

Manfaatkan Cermin

Pernahkah kalian melihat sebuah ruangan yang menggunakan cermin besar di salah satu sisi temboknya? Penggunaan cermin cocok jika Anda ingin sebuah ruangan terlihat lebih besar. Pantulan dari cermin akan memberikan kesan ruangan yang lebih besar dari sebenarnya.

Pertimbangkan Menggunakan Sliding Door

Sebuah ruangan akan terasa lebih luas jika kalian tidak menggunakan sekat. Penggunaan sekat secara tidak sadar membuat ruang gerak dan ruang pandang Anda menjadi lebih terbatas, dan berefek ruangan terasa makin sempit. Namun, banyak kondisi sekat memang diperlukan atau tidak bisa dihilangkan. Salah satu solusinya ada dengan menggunakan Sliding Door.

Langit-Langit Ruangan

Bagian langit-langit adalah bagian yang paling sering dilupakan. Langit-langit ruangan adalah tembok kelima dalam sebuah ruangan. Ketika kita tidur, akan lebih nyaman jika kita melihat warna yang lebih lembut.

Perhatikan Sirkulasi Udara

Terakhir, perhatikan sirkulasi udara pada ruangan Anda. Sirkulasi udara yang baik akan membuat tubuh Anda terasa lebih segar. Sebaliknya sirkulasi udara yang buruk akan membuat ruangan terasa sumpek dan membuat Anda tidak nyaman berada di dalamnya, ditambah lagi risiko penyakit yang ada jika ruangan Anda menjadi lembap. Oleh karena itu, perhatikanlah sirkulasi udara pada tiap ruangan.

2. Menulis Blog

Menulis blog sangat cocok dilakukan di masa pandemi ini. Dengan terus meningkatnya penggunaan teknologi, memiliki blog menjadi sebuah hal yang wajar. Dulu, pada umumnya blog digunakan untuk mengungkapkan pengalaman dan berbagi cerita. Kini, banyak sekali fungsi blog, di luar untuk menceritakan pengalaman kita pribadi. Berikut kami berikan beberapa alasan mengapa kalian perlu (dan jangan) membuat sebuah blog.

Menginspirasi Banyak Orang

Menulis pengalaman dan pandangan Anda dapat menjadi salah satu cara untuk menginspirasi banyak orang. Menginspirasi banyak orang tentunya akan membuat diri kita sendiri merasa puas dan bangga.

Meningkatkan Kemampuan Menulis

Seiring kita menulis blog, kita akan mempelajari hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam membuat sebuah tulisan. Saat kita baru memulai, kemungkinan besar kita akan merasa aneh dan asing dengan tulisan kita sendiri, kita akan merasa canggung. Namun, seiring waktu berjalan dan semakin banyak tulisan yang kita buat, kita akan mulai terbiasa.

Dapat Menghasilkan Uang

Selain mengembangkan kemampuan menulis dan mengisi waktu, tahukah Anda menulis blog juga dapat memberikan kalian uang tambahan? Kenyataannya, banyak orang yang membuat blog dan website dengan tujuan mencari uang.

Bertemu Orang-Orang Baru

Dengan membuat blog, kalian mendapat kesempatan untuk bertemu dengan banyak orang baru, atau berbagai komunitas baru. Kalian dapat bertemu dengan orang atau komunitas sesuai dengan tema blog kalian sendiri. Tidak jarang juga bloggers bertemu dengan komunitas bloggers lain yang dengan senang hati akan membantu kalian berkembang.

Mendokumentasikan Kehidupanmu

Seperti halnya ketika blog dulu. Kalian dapat menulis cerita tentang hari-hari dan pengalaman yang kalian lalui pada blog kalian. Layaknya buku harian, tidak ada salahnya menulis kegiatan kalian dalam sebuah blog.

Setelah alasan-alasan untuk membuat blog di atas selesai dibaca, ada baiknya kita mengetahui beberapa hal lain yang dapat menjadi tantang ketika kalian mengerjakannya. Karena, tentu saja setiap hal yang kita lakukan memiliki dua sisi, bisa jadi membuat blog tidak sesuai dengan yang kalian bayangkan.

Bukan Hal yang Mudah

Membuat blog bukan hal yang mudah. Banyak proses yang dilalui untuk dapat membuat sebuah konten yang menarik dan memuaskan. Kita perlu memikirkan apa-apa saja yang perlu kita lakukan, mulai dari ide sebuah konten hingga cara agar konten tersebut bisa sukses.

Bukan Solusi Keuangan

Jika kalian membuat blog dengan niat untuk mendapatkan uang, kalian harus mengetahui bahwa membuat blog tidak akan menghasilkan uang dengan instan. Membuat blog bukanlah sebuah shortcut untuk menghasilkan uang.

Pekerjaan Sendiri

Jika kalian membuat sebuah blog sendirian, ingatlah bahwa pekerjaan ini adalah sesuatu yang kalian kerjakan sendirian. Kalian bisa jadi akan menghabiskan waktu berjam-jam setiap harinya mengetik dan menatap layar monitor kalian tanpa mengeluarkan satu kata pun kepada orang lain.

Memakan Banyak Waktu

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, membuat blog akan memakan banyak waktu. Berjam-jam akan kalian habiskan mengetik dan menatap layar monitor. Bahkan, suatu saat mungkin kalian akan bekerja menulis bahkan di hari libur atau di saat di mana umumnya orang beristirahat.

3. Menonton Film

Dalam masa pandemi ini, kita menghabiskan sebagian besar waktu kita di rumah. Untuk menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarga, beraktivitas ke luar rumah sangat dibatasi. Namun, kemungkinan besar orang akan merasa bosan di rumah. Untuk mengatasi rasa bosan itu, salah satu kegiatan yang bisa kita lakukan di rumah adalah menonton film. Apa saja sih alasan yang bagus kenapa kita perlu menonton film? Berikut kami berikan beberapa alasan kenapa kalian perlu menonton film.

Membantu Menambah Pengetahuan

Tanpa kita sadari, menonton film membuat kita mempelajari memahami kondisi kehidupan. Tentu tidak semua film baik untuk ditonton, tapi, banyak film yang memiliki unsur-unsur yang baik untuk mengembangkan pengetahuan kita. Selain acara seperti berita dan film dokumenter, beberapa film juga mengembangkan aspek kehidupan, emosional, dan juga bisnis.

Menginspirasi Kalian untuk Menjadi Orang yang Lebih Baik

Hampir setiap film memiliki pemeran utama yang baik. Seiring dengan menonton film, kita diperlihatkan bagaimana sang pemeran menghadapi masalah, mengambil keputusan, dan membantu orang lain. Tidak jarang seseorang terinspirasi untuk berkembang dan menjadi orang lebih baik karena mengikuti jejak dari seorang karakter fiktif.

Mengenalkan Kalian pada Berbagai Pandangan

Pada dunia industri film, tidak jarang kita melihat sebuah film yang memasukkan sebuah sudut pandang ke dalamnya, baik hanya sedikit selipan atau dijadikan sebagai inti cerita. Dengan menonton film-film tersebut, kita dikenalkan kepada sebuah pandangan dengan metode yang menarik dan contoh kasus yang disimulasikan.

Membantu Kalian Menghadapi Stres

Salah satu tujuan utama kita menonton film adalah untuk mengurangi rasa stres. Pada masa pandemi ini, sebagian orang justru malah mendapat tugas yang lebih berat daripada yang biasa mereka dapatkan di kantor. Menonton film merupakan salah satu hiburan yang sangat mudah didapatkan.

Membantu Anak Menjadi Lebih Kreatif

Seorang anak adalah ibarat gelas kosong. Perlu diajarkan banyak hal untuk mengenalkan anak-anak pada kehidupan dunia ini. Sayangnya, di era pandemi ini untuk menjaga kesehatan kita tidak sarankan untuk keluar rumah, sehingga sarana bermain dan mendapatkan pengalam seorang anak menjadi berkurang. Untuk menggantikannya, kita bisa memberikan film-film edukatif kepada seorang anak.

Meningkatkan Kecerdasan Emosional

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, sebuah film memiliki berbagai aspek, dan hal itu memancing kita untuk berpikir. Menonton film membuat kita berpikir dan berempati dengan pemikiran orang lain.

4. Mengelola Keuangan

Mengelola Keuangan di masa pandemi sangat dibutuhkan karena kondisi perekonomian nasional dan global yang sedang tidak menentu membutuhkan kejelian yang lebih dibandingkan di masa normal karena di masa pandemi dipenuhi dengan ketidakstabilan ekonomi global.

Banyak sekali perusahaan yang mengalami penurunan pendapatan di masa pandemi seperti ini, sehingga membuat beberapa perusahaan yang sudah mapan sekalipun harus memutuskan untuk melakukan PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) kepada karyawanya dikarenakan pendapatan perusahaan yang menurun jika dibandingkan dengan masa-masa normal.

Akibat dari kondisi ekonomi global di masa pandemi yang mengalami ketidakstabilan dan menimbulkan banyak PHK maupun yang masih memiliki pekerjaan namun tidak mendapatkan upah yang sama seperti ketika dalam keadaan normal dibutuhkan tips untuk mengelola keuangan di masa pandemi. Lantas seperti apa mengelola keuangan di masa-masa pandemi seperti ini?

Prioritaskan hal-hal yang sekiranya wajib & mendesak

Prioritaskanlah pendapatan yang bisa Anda dapatkan untuk hal-hal yang wajib dipenuhi dan dibayarkan terlebih dahulu. Pertama, belilah barang kebutuhan pokok untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari seperti makan dan minum sehingga Anda bisa bertahan dari masa-masa berat saat pandemi, hingga menabung untuk biaya pendidikan anak anda jika Anda memiliki anak yang sudah masuk bangku sekolah maupun kuliah.

Selain itu pengeluaran wajib seperti membayar pajak dan cicilan hutang jika Anda memiliki cicilan harus di prioritaskan.

Kebutuhan-kebutuhan yang bersifat berdasarkan keinginan atau yang menyangkut dengan hobi dan gaya hidup sudah sepatutnya untuk dikurangi konsumsinya mengingat kondisi ekonomi pada saat pandemi seperti sekarang ini, terutama bila kondisi keuangan Anda belum sehat / stabil.

Lunasi hutang konsumtif yang berjumlah besar & jangan tambah hutang lagi!

Jika Anda memiliki ekonomi yang masih dalam taraf sehat dan stabil maka lunasilah hutang yang berjangka pendek, bersifat konsumtif dan memiliki bunga yang cukup besar, baik yang beradai di kartu kredit, cicilan tanpa kartu kredit ataupun pinjaman online.

Mengabaikan hutang tersebut tetap ada maka akan sangat mengganggu arus kas Anda di bulan-bulan yang akan datang. Jika memang Anda terpaksa harus berhutang sebisa mungkin hutang tersebut bersifat produktif yang menghasilkan dan membuat arus kas Anda menjadi sehat.

Dengan catatan total utang Anda tidak melebihi nilai aset yang Anda miliki dan jumlah hutang anda per bulanya tidak melebihi pendapatan Anda sebesar 35% dimana angka itu adalah ambang batas sehat atau tidaknya kondisi keuangan yang Anda miliki sekarang.

Simpan dana darurat di tempat yang tepat

Dana darurat merupakan salah satu elemen penting yang harus anda sediakan di saat pandemi seperti ini. Tujuanya adalah untuk menalangi biaya hidup kita di saat kita kehilangan pekerjaan.

Riset yang dilakukab oleh lifepal.co.id menyatakan bahwa seseorang yang masih berstatus lajang minimal harus memiliki dana darurat untuk bertahan hidup sebesar 3 sampai 6 kali pengeluaran bulanan rutin, namun bagi mereka yang sudah berkeluarga disarankan untuk memiliki  6 sampai 8 bulan pengeluaran bulanan untuk memastikan keberlangsungan hidup di masa pandemi.

Sebenarnya menabung dana darurat untuk hidup Anda tidaklah terlalu sulit, Anda hanya perlu menyisihkan pendapatan bulanan anda sebesar 10 – 15% secara rutin dan berkelanjutan.

Tetap menaruh uang Anda untuk investasi, namun memiliki tujuan yang jelas

Pada hakikatnya Anda tetap harus menyisihkan sebagian pendapatan anda untuk berinvestasi untuk memenuhi tujuan jangka pendek anda maupun tujuan jangka panjang.

Cara paling sederhana untuk dapat melakukan investasi secara rutin bisa Anda lakukan dengan mencatat tujuan jangka pendek Anda maupun tujuan jangka panjang Anda secara mendetail. Tuliskan pula jumlah uang yang harus Anda miliki guna menunjang tujuan jangka pendek maupun tujuan jangka panjang Anda di masa depan dengan menghitung estimasi tahunan inflasi. Setelah itu anda dapat menentukan kira-kira instrument investasi apa yang paling tepat dengan dana yang anda miliki dengan profil resiko yang tentunya memiliki karakteristik yang berbeda.

Cukup sisihkan 5-10% dari pemasukan Anda untuk hal yang bersifat keinginan

Menghargai diri sendiri atau yang sering kita sebut dengan self reward dengan membeli barang yang bersifat keinginan memang bukan merupakan suatu hal yang dilarang dalam merencanakan keuangan Anda. Hal ini bertujuan untuk mengapresiasi diri anda setelah bekerja cukup keras agar kita bisa hidup lebih bahagia dan lepas dari stres.

Tidak ada salahnya kita mengalokasikan dana untuk memenuhi kebutuhan itu sebesar 5 – 10% saja dari pemasukan rutin kita secara bulanan di masa pandemi seperti sekarang ini. Namun patut diingat bahwa kebutuhan yang sifatnya keinginan untuk memenuhi gaya hidup tidak akan pernah ada habisnya dan akan terus meningkat seiring berjalanya waktu, maka dari itu bijaklah menganggarkan dana untuk memenuhi kebutuhan ini.

5. Olahraga

Menajaga kesehatan jasmani merupakan hal yang penting dilakukan selama pandemi ini. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah olahraga. Dengan melakukan olahraga secara rutin kamu dapat meningkatkan daya ingat dan meringankan stress. Olahraga tidak selamanya dilakukan di luar rumah, kamu dapat melakukannya di dalam rumah. Berikut ini merupakan olahraga yang dapat kamu lakukan di dalam rumah.

Push Up

Push up merupakan gerakan olahraga yang umum diketahui oleh banyak orang. Manfaat yang kita peroleh dengan melakukan push up adalah memperkuat daya tahan tubuh, membangun otot tangan dan dada. Untuk melakukan push up, kamu harus berbaring dengan posisi kedua tangan disamping dada kemudian menekuknya sampai 90 derajat. Kemudian, angkat tubuh menggunakan tangan hingga posisi lurus dan kembali ke posisi semula. Lakukan Langkah-langkah tersebut secara berturut-turut.

Sit Up

Sit up merupakan gerakan ringan yang dapat dilakukan selanjutnya. Manfaat atas gerakan ini adalah memperkuat otot perut dan membakar kalori. Gerakan sit up mudah untuk dilakukan. Pertama, berbaring dengan menghadap atas, lalu angkat bagian atas tubuh sampai mecapai lutut yang tidak berubah-ubah posisinya.

Plank

Plank merupakan yang gerakan simpel namum cukup sulit. Gerakan ini memiliki manfaat untuk memperkuat otot inti dan daya tahan tubuh. Untuk melakukan gerakan ini kamu harus memposisikan tubuh, tangan, dan kaki yang bertumpu di lantai untuk meregangkan tulang belakang. Kemudian, angkat kepala dan sejajarkan bahumu dengan tangan. Lakukan hal tersebut selama 1 menit.

Squat

Gerakan ini dapat melatih otot dan persendian tubuh bagian bawah. Untuk melakukan gerakan ini kamu harus dalam posisi berdiri dan membuka kaki selebar bahu, laru turunkan tubuh secara perlahan dengan mendorong punggung ke belakang.

Jumping Jack

Gerakan yang satu ini akan meningkatkan stamina kamu. Untuk melakukan gerakan ini kamu harus dalam posisi berdiri tegak dengan tangan dan kaki rapat dengan tubuh. Kemudian, lompat dengan mengangkat kedua tangan ke atas kepala dan pisahkan kakimu.

Yoga

Yoga merupakan olahraga atau gerakan sederhana yang memiliki banyak sekali manfaat. Manfaat yoga diantaranya adalah meningkatkan kesehatan jantung, fleksibiltas tubuh, dan memperbaiki postur badan. Untuk pemula, kamu dapat melakukan pose sederhana misalkan mountain pose, warrior pose, dan bridge pose. Jika kesulitan, kamu dapat melihat video panduan di youtube.

6. Memasak

Memasak merupakan salah satu kegiatan yang banyak digemari oleh banyak orang di saat pandemi. Selain menyenangkan kamu bisa lebih hemat daripada membeli makanan dari luar rumah. Kamu harus memperhatikan tips-tips ini jika ingin memasak di rumah.

Pilihlah produk-produk yang segar

Dengan memilih sayuran dan buah yang segar kamu bisa menyimpan di kulkas lebih lama dan dapat menjamin kualitas dari produk tersebut. Kemudian, bahan-bahan yang segar biasanya memiliki kandungan nutrisi yang lebih banyak daripada sayuran dan buah-buahan yang beku.

Pastikan untuk mencuci sayuran dan buah

Banyak orang-orang yang kadang melupakan langkah ini. Terkadang terdapat kotoran yang tersisa pada sayuran dan buah segar. Mencuci sayuran dan buah sangatlah mudah, kamu cukup untuk membasuh dan mengusap menggunakan air mengalir. Namun, untuk beberapa sayuran seperti brokoli dan kembang kol, sebaiknya kamu merendam sayuran tersebut di air garam karena terkadang terdapat ulat.

Practices makes perfect!

Kamu tidak akan mahir memasak dengan satu kali percobaan saja. Dengan kamu terus berlatih dan memasak secara rutin, kemampuan memasakmu akan terus bertambah seiring berjalannya waktu. Perbanyak jenis masakan juga akan membuat kemampuan memasakmu semakin lihai.

7. Bercocok Tanam

Tahukah kamu bahwa bercocok tanam merupakan salah satu kegiatan yang bermanfaat sebagai penghilang stres? Penelitian dari Journal of Public Health menjelaskan bahwa bercocok tanam selama setidaknya 30 menit dapat meningkatkan suasana hati kita. Kegiatan ini cocok bagi kamu yang ingin menghilangkan stres saat berada di rumah.

Jika kamu tidak memiliki lahan yang cukup luas, kamu dapat menggunakan metode hidroponik untuk bercocok tanam. Hidroponik merupakan metode bercocok tanam yang terbilang efisien karena tidak menggunakan tanah sebagai media tumbuh tanaman, tetapi memanfaatkan air dan unsur hara sebagai pemenuhan kebutuhan nutrisi tanaman.

Tanaman yang dapat ditanam secara hidroponik pun cukup beragam, diantaranya yaitu selada, tomat, timun, bayam, kale, wortel, dan masih banyak lagi. Kamu tidak perlu lagi kesulitan mencari bahan kebutuhan pangan untuk kategori hortikultura dan umbi-umbian karena tanaman hidroponik yang kamu tanam dapat menjadi bahan konsumsi panganmu sehari-hari. Kegiatan di rumah ini cukup bermanfaat bukan, Sobat Wilujeng?

8. Menambah Keterampilan Bermusik

Selain dapat mengurangi stres dan memperbaiki suasana hati, bermain musik juga dapat meningkatkan kemampuan kognitif loh, Sobat Wilujeng. Meskipun situasi saat ini mengharuskan kamu untuk berada di rumah, kamu dapat tetap produktif dengan cara menambah keterampilan dalam bidang musik. Kamu dapat meng-cover beberapa lagu kesukaanmu atau bahkan mencoba menciptakan lagu karyamu sendiri.

Saat ini, beberapa jenis alat musik seperti piano, gitar, drum, biola, dan yang lainnya dapat kamu pelajari dengan mudah melalui tutorial youtube. Dengan meng-upload hasil karyamu di berbagai platform media sosial, orang lain pun akan mengetahui kemampuan yang kamu miliki dalam bidang musik. Kamu juga dapat mengajak temanmu untuk berkolaborasi jika kalian memiliki ketertarikan yang sama dalam bidang musik. Pada masa pandemi saat ini, berkolaborasi jarak jauh bersama teman bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan jika kita memanfaatkan media sosial untuk saling berinteraksi.

Baca juga : Ide Kreatif dan Aesthetic Kerajinan dari Barang Bekas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *