Monday, April 19

Cara Mudah Mencuci Baju Layaknya Profesional

Hai Sobat Wilujeng!
Dalam artikel kali ini, Life skills yang akan kami bahas adalah tentang cara mencuci baju. Sekilas, mencuci baju memang terdengar sepele dan membosankan. Namun tentu saja aktivitas ini akan selalu kita lakukan dalam kehidupan sehari hari. Beraktivitas menggunakan pakaian bersih akan jauh lebih nyaman bukan?

Kebingungan mencuci baju

Sayangnya banyak orang yang masih belum mengetahui cara mencuci baju dengan benar. Apa saja sih yang harus diperhatikan dalam mencuci baju? Yuk simak artikel ini!

Yang perlu diperhatikan sebelum mencuci:

Sebelum kita mulai ke langkah-langkah mencuci, ada baiknya kita simak dulu yuk hal apa saja yang perlu diperhatikan saat kita akan mencuci baju.

1. Perhatikan Bahan Pakaian

Label baju

Perhatikan bahan pakaian yang akan dicuci. Jika kalian akan menggunakan mesin cuci, kalian harus tahu bahwa tidak semua bahan disarankan menggunakan mesin cuci loh. Pakaian dengan bahan kulit, suede, atau beludru dan juga bahan dari wol atau jenis yang mudah mengerut tidak direkomendasikan dicuci menggunakan mesin cuci.

Untuk penjelasan mengenai simbol lebih lengkapnya, klik disini.

2. Cek Benda yang Berada di Pakaian

Memeriksa saku celana sebelum mencuci baju

Tidak jarang kita menemukan barang yang tertinggal di saku setelah kita selesai mencuci. Alangkah baiknya sebelum memulai mencuci kita memeriksa isi saku pakaian.

3. Pisahkan Warna Pakaian

Memisahkan Warna Cucian

Sering kali saat kita mencuci akan ada pakaian yang warnanya luntur. Kita tidak ingin pakaian berwarna cerah kelunturan warna pakaian lain. Selalu pisahkan pakaian berwarna putih dengan pakaian lain.

4. Lakukan Prewash

Prewash mencuci baju

Untuk mendapatkan hasil yang lebih bersih, bisa kita lakukan prewash. Kita bisa memberikan perawatan ekstra kepada bagian-bagian yang biasanya lebih kotor, seperti kerah baju.

5. Gunakan Sarung Tangan

Sarung tangan karet

Penggunaan sarung tangan sangat direkomendasikan terutama jika Anda atau anggota keluarga Anda sering melakukan aktivitas ke luar rumah. Dengan terus meningkatnya penyebaran virus saat ini, menggunakan sarung tangan saat memegang pakaian sangat direkomendasikan. Begitu juga dengan mencuci tangan setelah selesai melakukan aktivitas mencuci baju ini.

Baca juga: Cara Memakai Dasi Agar Tampil Keren

Langkah mencuci baju menggunakan mesin cuci:

Adanya mesin cuci memberikan banyak sekali manfaat pada kehidupan rumah tangga. Dengan menggunakan mesin cuci, kita dapat menghemat waktu, menghemat tenaga, mengeringkan pakaian lebih cepat, dan banyak keuntungan lainnya.

1. Masukkan Pakaian Kotor ke Dalam Mesin Cuci

Memasukkan pakaian kotor ke mesin cuci

Saat memasukkan pakaian ke dalam mesin cuci, perhatikan kapasitas mesin cuci Anda. Jika muatan melebihi kapasitas mesin cuci, pakaian tidak bisa bergerak leluasa sehingga kemungkinan hasil cucian menjadi tidak maksimal. Memasukkan muatan melebih kapasitas juga berisiko memperpendek umur mesin cuci tersebut.

2. Isi Dengan Air Bersuhu Sesuai

Keran air

Perhatikan label pada pakaian untuk mengetahui suhu yang sesuai untuk mencuci pakaian Anda. Pada umumnya, air panas digunakan untuk mencuci pakaian berwarna terang, dan air dingin digunakan untuk mencuci pakaian berwarna gelap.

3. Masukkan Detergen dan Cairan Pencuci

Detergen cuci

Masukkan cairan pencuci dan detergen sesuai dengan takaran. Jumlah detergen yang dipakai menyesuaikan dengan jumlah pakaian yang akan dicuci. Bacalah takaran dan instruksi pemakaian yang tertera pada kemasan detergen yang Anda miliki. Anda juga bisa menambahkan pemutih dan pelembut pakaian jika diperlukan.

4. Pilih Durasi dan Pengaturan Pencucian

Setting mesin cuci

Lihatlah label pada pakaian untuk mengetahui durasi pencucian yang diperlukan. Jika mesin cuci Anda memiliki pengaturan pencucian (normal, harus, tebal, dll.), Anda juga bisa menggunakan pengaturan tersebut sesuai dengan jenis cucian Anda.

5. Lakukan Pembilasan

Membilas cucian

Keluarkan air cucian tersebut melalui selang yang tersedia. Kemudian isi kembali mesin cuci dengan air bersih, dan jalankan proses pembilasan.

6. Keringkan Pakaian

Mengeringkan cucian

Kebanyakan mesin cuci memiliki fitur pengering. Jika mesin cuci Anda memiliki fitur ini, Anda bisa pindahkan pakaian Anda yang sudah dibilas tadi ke mesin pengering. Perlu diperhatikan, tidak semua pakaian direkomendasikan dikeringkan menggunakan mesin. Lihatlah label yang tertera pada baju Anda, jika baju Anda tidak disarankan menggunakan mesin pengering, gantunglah baju Anda di tempat yang sesuai.

Baca juga: 7 Tips Membuat Kopi Susu Nikmat ala Café

Langkah Mencuci Baju Manual:

Mencuci menggunakan mesin cuci memang lebih praktis dan hemat tenaga, tetapi, tidak semua pakaian direkomendasikan dicuci menggunakan mesin cuci. Jika pakaian Anda termasuk ke dalam kategori tersebut, atau mungkin mesin cuci Anda sedang mengalami gangguan, ikutilah langkah-langkah berikut.

1. Isi Ember dengan Air

Ember berisi air

Isi ember dengan air yang bersuhu sesuai. Perhatikan label pakaian Anda untuk mengetahui suhu yang sesuai. Jika Anda mencuci pakaian lembut maka disarankan menggunakan air bersuhu dingin.

2. Gunakan Sarung Tangan

Sarung tangan saat mencuci

Penggunaan sarung tangan sangat disarankan jika Anda memiliki kulit yang sensitif. Ketika mencuci menggunakan tangan tentunya kulit kita akan bersentuhan langsung dengan detergen. Jadi, jika Anda memiliki kulit sensitif gunakanlah sarung tangan.

3. Tambahkan Detergen ke Ember

Sabun untuk mencuci baju

Masukkan detergen ke dalam ember berisi air lalu aduk hingga detergen tersebut larut. Takaran detergen dapat disesuaikan dengan volume pakaian yang dicuci. Untuk lebih detailnya, lihatlah petunjuk yang tertera di kemasan detergen Anda.

4. Masukkan dan Rendam Pakaian

Merendam cucian

Masukkan pakaian satu persatu ke dalam ember dan rendam sekitar 20-30 menit. Dalam waktu tersebut, detergen akan bekerja mengangkat noda, sehingga lebih memudahkan kita dalam proses mengucek pakaian.

5. Kucek Pakaian Anda

Kucek cucian

Kucek pakaian Anda agar sisa noda yang belum terangkat detergen bisa terangkat. Usahakan mengucek pakaian tidak terlalu keras agar tidak merusak pakaian atau melukai tangan Anda sendiri. Perhatikanlah bagian leher, pergelangan tangan, dan saku karena bagian-bagian tersebut biasanya adalah bagian yang lebih kotor dibanding bagian lainnya.

6. Bilas Cucian Anda

Membilas cucian

Buang air sisa cucian Anda dan isi kembali menggunakan air bersih untuk membilas cucian. Ulang proses ini sampai tidak terlihat lagi busa dari detergen pada air bilasan Anda. Anda juga bisa menambahkan pewangi pakaian pada tahap ini.

7. Peras Cucian Anda

Memeras cucian

Anda bisa memeras pakaian dengan cara meremas-remas. Memelintir cucian tidak disarankan karena dapat merusak pakaian tersebut. Setelah dirasa cukup kering, gantungkan pakaian tersebut di tempat terbuka.

Menggantung baju

Jika Anda tinggal sendiri, mencuci menggunakan tangan menjadi pilihan yang lebih baik dibanding menggunakan mesin cuci dikarenakan jumlah pakaian yang lebih sedikit dan juga lebih menghemat biaya.

Baca juga: Ide Kreatif Kerajinan Aesthetic dari Barang Bekas

Semoga artikel ini membantu kalian semua. Kalian bisa membaca berbagai artikel menarik lainnya di sini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, Sobat Wilujeng!

Source:

  1. Cleanpedia: Cara Memakai Mesin Cuci
  2. Cleanpedia: Cara Mencuci Baju dengan Tangan
  3. Rinso: Cara Penggunaan Mesin Cuci
  4. WikiHow: Mencuci Baju
  5. TheAsianParent: Tips Mencuci Pakaian
  6. Dekoruma: Mencuci Pakaian bagi Pemula
  7. Rinso: Cara Mencuci Baju dengan Tangan
  8. Cosmopolitan: Cara Mencuci Pakaian yang Benar Secara Manual

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *