Monday, April 19

5 Alternatif Berjabat Tangan di Masa Pandemi

Halo Sobat Wilujeng!
Semenjak munculnya virus Covid-19, gerakan social distancing sudah sangat ramai dikampanyekan. Dalam social distancing, salah satu hal yang perlu kita hindari adalah berjabat tangan, sedangkan berjabat tangan sendiri adalah salah satu cara untuk menyapa ketika kita bertemu dengan orang. Lalu bagaimana cara menyapa orang di masa pandemi ini?

Tidak berjabat tangan

Jangan khawatir, di artikel ini kami akan berikan alternatif-alternatif menyapa orang selain berjabat tangan. Yuk simak!

1. Senyum

menyapa dengan senyum

Salah satu salam yang dapat kita lakukan adalah dengan senyum. Bahkan sebelum pandemi, menyapa orang dengan senyum sudah banyak dilakukan, umumnya untuk orang-orang yang tidak begitu menyukai kontak fisik.

Kamu juga perlu tahu, senyum bukan cuma bisa jadi sapaan saja loh. Senyum juga memiliki banyak manfaat lain, contohnya menaikkan mood, membuat hati lebih senang, hingga meningkatkan rasa percaya dirimu.

2. Menganggukkan Kepala

Di Indonesia, menganggukkan kepala adalah hal yang sering dilakukan. Umumnya, menganggukkan kepala dilakukan kepada orang yang lebih tua atau orang yang kita hormati. Di masa pandemi ini, kita bisa menyalami orang dengan menganggukkan kepala untuk menghindari kontak fisik berlebihan.

Baca juga: 8 Kegiatan di Rumah yang Bikin Betah Karantina

3. Melambaikan Tangan

melambaikan tangan

Hal berikutnya yang dapat kita lakukan adalah melambaikan tangan. Jika hanya tersenyum kamu rasa masih terlalu dingin, cobalah melambaikan tangan. Cukup dengan mengangkat tangan dan melambaikannya ke arah temanmu.

Melambaikan tangan akan terasa lebih hangat dari sekedar senyum atau menganggukkan kepala, sehingga cocok untuk dilakukan dengan teman-teman. Namun, melambaikan tangan akan dianggap tidak sopan jika dilakukan kepada orang yang lebih tua.

4. Namaste

namaste

Namaste adalah salam dari Hindu yang umum diucapkan di daerah Asia Selatan. Di beberapa daerah, salam ini adalah tradisi yang dipakai saat bertemu dengan orang lain atau berpisah dengan orang lain. Cara melakukannya adalah dengan mengatupkan kedua tangan di depan dada, sehingga telapak tangan dan jari saling bersentuhan.

Karena Namaste dapat dilakukan tanpa menimbulkan kontak fisik, salam menjadi salah satu sapaan yang paling sering dilakukan di masa pandemi ini.

5. Menggunakan Siku

menyapa menggunakan siku

Kalau kamu masih merasa perlunya kontak fisik, cobalah menggunakan salam siku. Salam siku juga kini merupakan salah satu sapaan yang paling banyak digunakan, umumnya pada golongan anak muda. Caranya cukup dengan menyinggungkan sikumu dengan siku lawan bicaramu.

Walaupun umumnya dilakukan anak muda, salam siku juga dapat dilakukan oleh golongan yang lebih tua. Contohnya, salam siku ini sempat dilakukan juga oleh wakil presiden ke-12 kita, Jusuf Kalla.

Jusuf Kalla Sapa Siku
Instagram Jusuf Kalla

Karena melakukan salam siku memerlukan kontak fisik, pastikan kamu mencuci pakaianmu sesampainya di rumah.

Baca juga: Cara Mudah Mencuci Baju Layaknya Profesional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *